Membaca Berita Dengan RSS

Mungkin temen-temen sudah pernah denger istilah RSS. Iya, disini saya ingin sedikit mengupas apa yang dimaksud dengan salah satu pentolan teknologi web 2.0 ini. Dari kutipan yang saya baca di wikipedia, pengertian teoritis RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul.

Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. Selengkapnya bisa anda baca di (http://id.wikipedia.org/wiki/RSS).

Secara singkatnya, teman-teman bisa membaca berita tanpa harus berkunjung ke situs tersebut. Jadi, ini adalah salah satu langkah menghemat bandwith. Software pendukung untuk membaca RSS sendiri sudah lumayan banyak di internet, mulai dari Google Readernya punya Google sampai punya Rssreader sendiri, atau bila teman-teman gak pengen googling terlebih dahulu bisa membacanya disini http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Daftar_pengumpul_RSS&action=edit&redlink=1.

Berikut akan saya berikan contoh menggunakan software Rssreader :
Seperti di bawah ini adalah proses dimana kita akan melakukan add url dari rss yang dimiliki oleh suatu website. Tapi jangan lupa, sebelumnya tentu anda harus melakukan instalasi software rssreader (caranya cukup simple kok).

add_sindikasi_rss_1

add_sindikasi_rss_1

Dari gambar di atas, bila alamat url sudah dimasukkan, maka tinggal mengklik next sampai finish, cukup mudahkan ! hehehe…dan berita pun bisa diambil setiap saat.

add_sindikasi_2

add_sindikasi_2


Gambar di atas ini menjelaskan bahwa kita berada di url rss-nya punya kompas. Tampilan semua berita dari kompas di tampilkan berdasarkan headline, tanggal berita keluar versi paling update sampai yang sudah pernah muncul paling lama.

Ok, selamat mencoba ya.

2 responses to “Membaca Berita Dengan RSS

  1. makasih buat penjelasan RSSnya ya mas….tar klo pny file ttg Software Requirement Specification (SRS)..lely minta ya …:-)
    sory klo ngerepotin terus….:P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s