Serangan Phising Via YM

“Kemarin YahooID mu ini mengirim pesan yang malicious. Apakah komputermu terinfeksi oleh spyware ?”, begitu tanya seorang teman di ym messenger list saya beberapa hari kemaren.

Situs forgery dibuat seolah seperti situs buatan Yahoo padahal ini jebakan agar pemilik account memberikan passwordnya dengan sukarela.

Situs forgery dibuat seolah seperti situs buatan Yahoo padahal ini jebakan agar pemilik account memberikan passwordnya dengan sukarela.

Namun, ada juga teman-teman yang belum tahu, kalau id ym saya ngirim pesan-pesan aneh ke ym mereka. Pun sebaliknya, beberapa id ym temen saya juga ngirim pesen-pesen aneh ke saya.

Serangan-serangan aneh yang menyebar melalui ym tersebut pekan ini ternyata adalah phising. Phising pada dasarnya pesan biasa namun pada intinya rayuan kepada korban untuk meng-klik alamat situs tertentu. Paling sering adalah pesan bahwa teman Anda baru mengunggah foto-fotonya.

Solusi untuk mengantisipasi agar id ym kita gak ngirim lagi berdasarkan bantuan teman saya adalah, segera ganti password ym/account yahoo dengan yang baru dan berhati-hatilah bila ada serangan phising lagi dari account lain.

Hari ini, teman-teman saya akhirnya sudah banyak yang tahu.  Banyak informasi bisa diambil di sini.

Berikut petikan pesan singkat dari teman-teman:
“klo dari salah satu YM teman2 kita ada yg tiba2 buzz trus nyuruh klik ke link www (dot) holiday-picz (dot) com atau summer-picz (dot) com atau apapun yg bersifat seperti itu (pop-up link) mohon jgn dituruti karna itu metoda baru pencurian ID YM melalui pishing, kasi tau yg lain yg lom tau yah guys”.

==Keep Share&Utak-Atik==

6 responses to “Serangan Phising Via YM

  1. Pingback: Ikatan Alumni SMK Telekomunikasi Malang » Blog Archive » Serangan Phising Via YM·

  2. Wah terima kasih infonya guys. Bener ..aku dah ngalami. wah tak rubah psswd ku ah….

    sama-sama. semoga membantu. Kalau nanti masih bermasalah, siap-siap ganti ID aja…hehehe🙂 becanda mode on.

  3. Teman-teman saya udah pada dapet tuh. Bikin pertengkaran besar coz yang ngirimnya ngerasa nggak ngirim. Selain ganti password, solusinya adalah bersihin contact list YM kita dari orang2 yang ngga kita kenal. Coz orang kirim spyware melalui sistem membership di contact list YM

    hahaha…setuju,
    jadi bsa menyebabkan pertengkaran.tp yang lebih ngeri itu id kita bisa dijambret🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s