Rotasi Kerja

Di antara anda, ada yang pernah mengalami rotasi gak di dunia kerja dalam satu lingkup divisi suatu perusahaan. Saya adalah salah satu orang yang pernah mengalami hal itu. Bulan ini saja, di divisi saya dilakukan rotasi pekerjaan antar bagian.wew…

Sebenarnya, menurut anda bagus gak sih dampak rotasi pekerjaan bagi seorang karyawan. Kalau menurut saya, ada bagusnya dan tidaknya juga. Kalau bagusnya, seorang karyawan pasti akan tambah ilmu dan tentu saja memiliki kemampuan lebih ketika dibutuhkan sewaktu-waktu oleh atasan.

Bagi atasan pula, tentu saja keuntungannya adalah bila salah satu karyawannya keluar alias “resign”, dia tidak perlu repot untuk mengganti sementara siapa yang mampu mengerjakan pekerjaan anggotanya itu.

Sedangkan dampak buruknya, seorang karyawan menjadi tidak fokus akan tanggung jawabnya yang selama ini sudah ia geluti sedari awal masuk menjadi karyawan alias tidak menjadi seorang spesialis. Apalagi, rotasi pasti akan memakan waktu untuk memahami suatu hal baru, sehingga mengganggu alur pekerjaan. Dan lagi, belum tentu juga seorang karyawan yang dirotasi bakal maksimal di bagian barunya dia.

Di luar itu, ada poin satu lagi yang menggelitik saya soal ini. Kalau dirunut dari awal saya bekerja di perusahaan yang kecil dan besar. Ternyata yang paling sering melakukan rotasi adalah perusahaan besar. Tanya kenapa?. Yuk mari dijawab, soalnya biasanya perusahaan kecil, jumlah karyawannya tidak terlalu banyak dalam satu divisi (misal), sehingga riskan melakukan rotasi.

Ok, mungkin beberapa hal di atas yang menjadi pendapat dari saya mengenai rotasi. Dulu, ketika pas masih berkantor di daerah Thamrin, di divisi saya juga pernah melakukan rotasi, yang bertujuan agar terjadi “refresh” dan tidak membuat tidak jenuh. Apakah di sini juga seperti itu tujuannya???semoga saja gak ada aral melintang, halah……h.h.h.h.

Gimana dengan anda?. Nyaman tidak dengan hal ini. !!!*(@*)@(%)@

12 responses to “Rotasi Kerja

  1. Pingback: Ikatan Alumni SMK Telekomunikasi Malang » Blog Archive » Rotasi Kerja·

  2. pengennya rotasi ke kursinya manager,,
    hahahha,,

    smg sukses d tempat baru yaaaps,,

    @ngarepbanget.com heheheh

  3. malah asik mas, ben gak bosen
    /*yang bosenan

    gak bosen, la misalnya yg gak ngerti program dipindah ke development, gimana hayo ? wakakak….

  4. karena t4 kerja saya dulu LSM kecil saja, kita semua serabutan hehe, jadi rotasi terjadi otomatis tergantung kebutuhan kerja.

    wah gak bisa byangin seperti apa itu kerjaannya. hehee

  5. rotasi terjadi di setiap lini. ada juga kan yang pengen rotasi dari wapres jadi presiden heheh…..

    wah kalau ini berat….:)

  6. Wah jadi pengen berkomentar ni tentang rotasi kerja kebetulan rotasi/mutasi kerja di tempatku sudah menjadi sesuatu yang lumrah, apalagi ditempatku yang namanya rotasi/mutasi pasti pindah kantor bahkan bisa pindah antar propinsi.

    Kalau promosi ditempatku itu kasihan jika sudah berkeluarga karena akan memindah keluarga, anak sekolah dan masih banyak lagi, kemudian ditempatku itu maksimal 4 tahun harus rotasi atau promosi.

    Kalau masih rotasi didalam kota aja masih enak mas ….

    wah, itu bisa pindah propinsi aq juga pengen mas, tapi yang deket rumah gitu, hehehe…kantornya diapa itu kok bisa gitu.

  7. rotasi bagi guru2 lumayan jarang, tp klo ngajar g sesuai bidang studi banyak bget, untuk mencukupi kebutuhan guru bid. studi yg tdk tersedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s