Oracle No Listener

Hari jumat kemaren, aplikasi TOAD saya mengalami masalah. Setelah sempat sehari sebelumnya juga bermasalah dengan IP address di TNS, kali ini giliran listener local yang rewel.

Listener Folder

Listener Folder

Dulu, saya juga pernah mengalami hal serupa, tapi ini ada sedikit keanehan/berbeda dari biasanya. Setelah saya cek dan ricek kembali. Ternyata eh ternyata permasalahannya adalah ip komputer saya berubah dari 172.16.37.37 ke 173.16.37.129, serta nama komputer saya berubah, waks IP dan name komputer diganti tanpa pemberitahuan :D:D:D:.

Listener File

Listener File

Hal inilah yang membuat listener.ora saya tidak jalan, terkhusus untuk koneksi ke database lokal, yang membuat muncul error terus.  Gambar di atas menjelaskan bagaimana cara mengedit file listenernya yang tadinya komputer namenya sudah diganti dengan yang baru.

Setelah itu periksalah ke servicenya, apakah sudah started atau belum.

Oracle Service

Oracle Service

Atau bila belum, servicenya bisa dijalankan ulang dengan cara melalui dos command.

Restart Service di Oracle Command

Restart Service di Oracle Command

6 responses to “Oracle No Listener

  1. Salam kenal dulu, ah. Terus nanya: apa kira2 ada saran yang bagus buat DNS di sini. Kemarin sempat coba bbrp (lokal dan manca) tapi ya kadang bagus, kadang nyendat. (Sori kalo ga nyambung ama potingannya. Tapi kan itu menyangkut IP dan nomor2 sebangsanya itu juga. He…he…)

Leave a Reply

