Fungsi Tail & Grep di Windows

Yang pernah / sering berhubungan dengan Server Linux pasti familiar dengan apa yang dinamakan tail, grep dan sebangsanya. Kali ini, saya ingin berbagi ilmu mengenai bagaimana menggunakan dua fungsi tersebut tapi tidak di Operating System Linux, Unix, melainkan di Windows.

Kenapa Windows?, karena eh karena kita tahu kalau Windows base beda sekali dengan Linux/Unix, dimana kedua operating system ini lebih cenderung menggunakan command-command(perintah) seperti layaknya DOS di Windows untuk menjalankan seluruh kegiatan di sistem mereka.

Sebelumnya, saya ingin menjelaskan sedikit apa sebenarnya fungsi dari tail dan grep. Tail adalah fungsi(command) yang digunakan untuk melihat isi dari suatu file baik yang terus mengalami perubahan isi file maupun yang statis. Sementara itu, grep adalah fungsi untuk mencari file / sesuatu (seperti: string) di dalam file tertentu.

Berikut adalah tahapan agar tail dan grep bisa dijalankan dari Windows kita. Pertama, unduhlah file rktools.exe dari source ini. Setelah selesai melakukan download file, silakan lakukan langkah berikutnya yaitu instalasi. Lakukan standar instalasi, dan ikuti petunjuk yang ada sampai finish.

Setelah proses instalasi, baru dah aplikasi grep dan tail bisa digunakan. Contohnya seperti di bawah, perintah standar dari grep dan tail adalah (catatan: grep di Windows yang digunakan adalah fungsi qgrep).

contoh1:

Perintah untuk melihat isi file test.txt:
c:\tail test.txt, nanti akan muncul isi dari file test.txt :
testa
testb
testc
testd
teste
testf
testg
testh

Tail & Grep
contoh2:
c:\qgrep testa test.txt, artinya mencari kata-kata testa di file test.txt, dan ternyata kata testa ada dalam file tersebut.

Referensi:

http://malektips.com/xp_dos_0011.html
http://malektips.com/xp_dos_0001.html

7 responses to “Fungsi Tail & Grep di Windows

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s