Terimakasih Garuda

Terimakasih untuk Mr Riedl & Pasukan Garuda yang sudah berjuang mati-matian hingga menit akhir di final leg 2, Piala AFF 2010 kemaren malam.

Final AFF 2010

Final AFF 2010

Meskipun kita tidak juara, namun spirit untuk bangkit dan memenangkan pertandingan pantas mendapatkan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia, termasuk saya :((, hiks terharu.

Bahkan, sederet rekor telah diciptakan Firman Utina dkk pada Piala AFF tahun ini, salah satunya adalah tim nasional kita baru sekali kalah dari semua laga yang sudah dilakoni dari babak  grup hingga final.

Yang Terbaik di AFF 2010

Yang Terbaik di AFF 2010

Kedua, sang kapten Firman Utina yang kini bermain di klub Sriwijaya FC tersebut, dinobatkan menjadi pemain terbaik di ajang dua tahunan ini– meskipun kemaren malam gagal mengeksekusi penalti.

Lebih jauh, secara keseluruhan, dari sederet pertandingan yang telah dilakoni tim nasional di turnamen Piala AFF tahun ini, adalah yang terbaik menurut saya setelah Piala Asia 2007– dimana kita tersisih di babak grup dengan hanya menang sekali atas Bahrain dan tumbang di tangan Arab Saudi & Korea Selatan (Jagoannya Asia ker 🙂 ) — Catatan : antara Piala AFF dan Piala Asia sudah beda lingkup dan beda tim yang dihadapi lebih kuat.

Kenapa Piala AFF 2010 begitu membanggakan di hati masyarakat pada umumnya ?. Menurut saya, di Piala AFF kali ini,  tim nasional sudah bermain  sangat-sangat luar biasa, jauh dari biasanya. Sehingga, masyarakat sendiri tentu sangat antusias setiap menyaksikan pertandingan Firman Utina dkk di Gelora Bung Karno.

Apalagi, kita punya rekor fantastis tidak pernah kalah selama penyisihan. Bahkan, tim sekuat Thailand yang biasa menjadi langganan turnamen di Asia Tenggara, pun sukses disingkirkan dengan cara yang luar biasa menurut saya, karena dari ketinggalan kita bisa membalikkan keadaan.

Nasionalisme

Suporter Indonesia - Luar Biasa !!!

Suporter Indonesia - Luar Biasa !!!

Apa yang terjadi di Gelora Bung Karno selama Piala AFF 2010 adalah gambaran dari munculnya rasa nasionalisme dari masyarakat. Kita jarang sekali melihat animo masyarakat yang begitu besar seperti saat ini.

Datang berbondong-bondong dari beberapa daerah pun dijalani. Antri tiket dari subuh pun dilalui, bahkan ada yang menjadi korban dari antrian tiket. Semoga hal ini tidak terjadi lagi.

Satu sisi baik dari masyarakat kita memang patut jadi contoh. Bahkan, ketika kita harus gagal menjadi juara pun, tidak ada selentingan yang menyebutkan bahwa masyarakat kita membuat onar ataupun rusuh di sana. Sungguh pemandangan yang luar biasa !!!. Tidak hanya itu, kaos para pemain pun sampai saat ini bisa dikatakan masih dicari.

Namun sayang, apa yang diperlihatkan masyarakat selama AFF 2010 tidak didukung oleh lancarnya distribusi tiket oleh panitia penyelenggara AFF 2010. Tentu saja, masyarakat lebih pandai kenapa itu terjadi. Tanya kenapa ? :p.

Nobar di Kantor

Sayang sekali saya tidak datang pada laga final itu, huehehehe. Karena harus berurusan dengan tiketing yang gak jelas dan pas  kondisi gak fit, dimana saya hanya mendapatkan kertas putih alias baru dalam bentuk voucher. Terlepas dari itu, kebetulan di kantor ada acara nonton bareng yang cukup meriah, jadi masih begitu menikmati serunya pertandingan rame-rame :p.

Tiketing saya sebenarnya bisa digunakan untuk menonton. Namun, karena kita sebagai orang awam, pasti tidak mau berandai-andai untuk membawa kertas putih itu, bahkan temen saya yang terlanjut nitip ke saya batal membelinya, duh akhirnya saya sendiri yang tekor. Saat ini, saya berusaha untuk meminta refund, semoga berhasil :p, bisa-bisa gak makan nih !😀

#iloveindonesia, Sampai Jumpa di Pertandingan Timnas Mendatang, Bravo Timnas Indonesia….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s