Menyambung Tali Silaturahim Teman-2 SMP

Semalem, tiba-tiba teringat bagaimana cerita saya bersama teman-teman SMP membentuk komunitas melalui jejaring sosial Facebook. Saya akan mencoba menuliskannya dengan kondisi seingat saya ya…:). hehehehe….

Awalnya gimana ya, begini ceritanya, SMP saya adalah SMPN 1 Cluring terletak di salah satu Kabupaten di Jawa Timur, paling timur di pulau jawa yaitu Banyuwangi. Tahu Banyuwangi khan ya, itu lo yang sudah deket dengan Bali. Saya  sendiri sudah cukup lama lulus dari SMP, berapa taun yaks🙂.

Singkat ceritanya setelah lulus dari SMP, saya melanjutkan sekolah di salah satu sekolah kejuruan di Malang yaitu SMK Telkom Sandhy Putra. Salah satu sekolah yang akhirnya membuat saya harus belajar hidup (urip) mandiri,–inilah awal dari saya harus hidup ngekos-kos. Di Malang teman-teman seangkatan yang bersekolah di sana ada mas Danang Arifiudin, mas Yudha Rusdianto dan mbak Arila Ika.

OK lanjut ya, bagi saya, menyambung kembali tali silaturahim dengan teman-teman SMP bukanlah hal mudah, mengingat jarak dan waktu, apalagi pastinya teman-teman banyak yang berpencar-pencar.

Tidak hanya itu saja, bagi saya, SMP adalah masa dimana anak baru tumbuh menginjak remaja, belum sepenuhnya paham membangun komunikasi (masih culun), berbeda dengan ketika kita sudah masuk ke tingkat atas baik itu SMA atau SMK.  Ditambah lagi, waktu itu teknologi belum secanggih sekarang ini.  Inilah yang menjadi hambatan besar untuk membangun komunitas kami.

Namun begitu, ada satu waktu yang Alhamdulillah jadi cikal bakal komunitas ini akhirnya bisa terbentuk,  yaitu lebaran. Iya!!!, dengan lebaranlah akhirnya kami bisa dipertemukan, meskipun pada setiap pertemuan,  tidak semua anggota alumni bertemu satu sama lainnya.

Pelan tapi pasti, hamper tiap tahun ada saja rencana untuk ketemu teman alumni SMP.  Bahkan, seingat saya, waktu itu, sempat juga ngumpul di tempat Eva salah satu teman yang sekarang berdomisili di Bengkulu, atau sempat juga ngumpul di rumah salah satu teman di Jajag.

Singkat ceritanya, dari obrolan di beberapa kali lebaran plus juga meminta masukkan dari bapak/ibu guru kami, akhirnya  kami pun sukses mengadakan reuni besar di sekolah untuk pertama kalinya semenjak kami lulus tahun 2010, Bravo J. Dan reuni tersebut diberi nama reuni tiga generasi yang melibatkan kakak kelas dan adik kelas.

Dan di balik sukses reuni besar itu, ada satu mesin yang membantu kami, dia adalah Facebook. Gila ya,  mau bikin acara saja,  riwehnya melalui dunia maya, namun kerja keras kami semua, alhamdulillah acara berjalan lancar dan di hari H-nya, bala bantuan datang  membantu teman-teman yang berada di lapangan, hehehe…🙂

Melongok lagi ke belakang, sebenarnya Facebook bukan yang pertama buat kami. Dulu pernah kita-kita ngumpulin teman-teman lewat Yahoo Messenger, mau ngobrol ada jadwalnya lo. Terus pernah juga membuat account email di gmail, atau juga pernah ngeblog. Namun, dari sekian banyak pilihan itu, ya Facebook-lah yang akhirnya menjadi pilihan paling banyak🙂.

Menurut saya, reuni besar yang sudah kami bentuk langkah yang luar biasa, ‘dimana ada keyakinan kuat pasti Insyaallah akan dimudahkan’. Dan saya terus terang salut sama teman-teman yang sudah bersusah payah untuk membangun komunitas ini, hingga akhirnya sekarang pun menjadi tempat saling berbagi informasi apapun itu, bahkan berdagang lo hehehe….. J.

Besar harapan saya, komunitas ini tetap berjalan untuk mempererat silaturahim dan tentu saja semakin bertambah anggotanya. Karena, pas di SMP itu ada kurang lebih 6 kelas, tentunya kalau dihitung 6 dikalikan dengan asumsi siswa 40 orang, bisa saja 240 orang, wow banyak khan J.

Jadi kapan reuni lagi rek🙂

Thx to teman-temanku :

Yudha Rusdianto, Eva Nurfaizah, Fitri Nelly, Nelly Orchid, Vicky Zulfikar, Aan Sujadmiko, Mpok Ida, Arilla, Wisono Agung, Nanang Sugiyono,  dan teman-teman yang belum kami sebutkan satu persatu.

Thx to Guru-Guru Kami :

Bu Nurul, Bu Mahmudah, Pak Sugiarwadi, Bu Sugi dan seluruh guru-guru kami yang belum sempat kami sebutkan satu persatu.

Link terkait :

http://www.facebook.com/profile.php?sk=notes_tagged
http://www.facebook.com/notes/reuni-akbar-cluring/12-september-2010/121969834523757
http://www.facebook.com/groups/117910988273760/
https://agustriku.wordpress.com/2010/07/10/reuni-akbar-smpn-1-cluring-3-generasi/
https://agustriku.wordpress.com/2010/10/02/reuni-lebaran-2010/

4 responses to “Menyambung Tali Silaturahim Teman-2 SMP

  1. reunian kadang bikin ngangeni….mengenang masa masih imut imut dulu adalah hal yang paling mengasyikkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s