Pameran di Jakarta

Tulisan saya kali ini akan bercerita mengenai event di Jakarta yang biasa disebut dengan istilah Pameran. Pameran adalah ‘oleh-oleh’ positif tinggal di ibukota, bahasamu gus….😀 . Betapa tidak, warga di sini begitu dimanjakan dengan yang namanya Pameran, apa saja, mulai dari teknologi, kebutuhan rumah tangga, wisata dan masih banyak lagi.

Saya sendiri, merupakan salah satu ‘penggemar’ pameran, hehehe. Sampai-sampai teman saya hafal kalau saya suka sekali ke tempat yang terbilang rame itu. Walaupun, kesana hanya sekedar lihat-lihat dan tidak membeli sesuatu hehehe😀.

Bagi saya, ke Pameran bukan berarti kita harus membeli sesuatu, tapi bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan atau inspirasi, ambil contoh ke Pameran Wirausaha, dapat ilmu tentang Wirausaha, ke Pameran Flona dapat ilmu bertanam secara hidroponik, dan masih banyak yang lainnya.

Beberapa bulan terakhir ini, Jakarta disibukkan dengan beberapa Pameran. Kalau Pameran teknologi seperti Komputer atau Telekomunikasi itu sudah hal biasa. Tapi, kali ini saya tertarik untuk membahas Pameran yang bertema Pertanian, Agrobisnis, Wisata, Property, Kerajinan, Tanaman dan Hewan pokoknya di luar Teknologi.

Agrinex

Agrinex

Mari kita mulai satu-satu ya, yang pertama adalah Agrinex (http://www.agrinex.com) 2014. Agrinex 2014 berlangsung bulan Maret lalu tepatnya tanggal 28-30. Pameran ini fokus permasalahan Ketahanan Pangan. Dari yang saya perhatikan terdapat juga hasil olahan, hidroponik, peralatan pertanian dan masih banyak lainnya.

Singkat singkat saja ya, Agrofood (http://www.agrofood.co.id) (1-4 Mei 2014), Pameran ini memberikan banyak sekali infomasi mengenai olahan dari hasil bumi kita. Hmmm, jadi yang pengen ngrasain gimana rasanya makanan dari daerah lain bisa kesini nih, sekalian sapa tau dapet ilmu baru.

AgrooFood-GWBN-Inabicycle

AgrooFood-GWBN-Inabicycle

Tepat di sebelahnya waktu itu juga ada Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) ke-12, kalau ini cocok buat yang gemar traveling. Karena, begitu banyak informasi mengenai wisata ke berbagai pelosok nusantara. Bersebelahan lagi dengan dua Pameran tersebut, ada inabicycle (Indonesia Largest Bicycle Exhibition), menampilkan gelaran sepeda yang tentu saja harganya huah buat saya J.

INACRAFT

Inacraft

Inacraft

Kalau yang ini buat yang ingin mengoleksi barang barang kerajinan, buanyak sekali, dari mulai Batik, Kerajinan rumah tangga dan semua yang berbau etnik. Sayang sekali kalau dilewatkan, terutama buat turis asing, tempat ini adalah favorit karena tidak perlu keliling Indonesia untuk mencari kerajinan yang mereka cari.

Property Expo

Pameran Property sering sekali diadakan di Jakarta, penyokong kegiatan ini biasanya adalah BNI dan BTN. Beberapa bulan lalu saya sempat kesana, Alhamdulillah belum dapet rumah hehehe, la niatnya kurang J.

Bookfair

Jakarta Bookfair adalah pameran yang saya kunjungi beberapa waktu yang lalu untuk membeli buku untuk ponakan di rumah. Pameran buku selalu menarik untuk dikunjungi guna menambah perbendaraan buku di rumah, walaupun kadang masih banyak yang belum dibaca hehehe.

Flona 2014

Flona 2014

Flona 2014

Disini tempat untuk yang ingin menambah ilmu mengenai tanaman baik tanaman hias ataupun tanaman buah serta sedikit tentang hewan. Waktu saya kesana, saya hanya mencari bibit buah TIN. Padahal, banyak bibit tanaman lain – ya masak mau borong gus😀.

Pesta Wirausaha

Pesta Wirausaha

Pesta Wirausaha

Acara ini diadakan oleh salah satu komunitas pengusaha besar di Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Tangan Di Atas. Tahun 2014 ini acara tersebut berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah. Teman saya ada yang menjadi salah satu peserta seminar di sana, kalau saya hanya intip-intip pamerannya saja hahaha.

Kalau ke pameran seperti ini, yang saya cari memang ilmu-ilmu dari para pengusaha tersebut, gimana bisa bikin karyanya atau bahkan penawaran menarik seperti franchisenya.

IFRA 2014

Pameran ini adalah Pameran Peluang Bisnis & Waralaba Terbesar di Indonesia. Buat yang pengen ngambil franchise di sini adalah tempat yang sangat direkomendasikan. Acara kemaren berlangsung dari tanggal 20-22 Juni 2014.

IndoliveStockhttp://www.indolivestock.com

Pameran ini menampilkan industry peternakan, pakan. Waktu kesana bareng kakak kelas saya yang punya usaha Kambing Etawa, beliau membeli beberapa pakan untuk ternaknya. Menurut saya, pameran ini bagus, hanya saja lebih banyak dari luar negeri ya. Semoga Industri dari Indonesia bisa bersaing lagi di kemudian hari.

SMESCO Festival

Pameran ini mirip-mirip Inacraft, mengangkat kerajinan kreatif dari daerah – daerah yang ada di Indonesia. Keterangan Lengkap Disini.

Sementara dari saya sekian dulu ya, mohon maaf kalau ada salah-salah kata, sampai jumpa lagi J.
Marhaban ya Ramadhan, Selamat Menjalankan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Berkah untuk kita semua aamiin.

Leave a Reply

