Sedikit Opini Tentang EURO 2020

Sudah lama tidak menulis tentang sepak bola, kali ini saya akan beropini mengenai EURO 2020 yang diselenggarakan tahun 2021. Pagelaran EURO atau yang biasa disebut Piala Eropa sejatinya memang digelar tahun lalu. Namun, akibat pandemi yang belum mereda, akhirnya panitia mengundurkan turnamen tersebut dengan tetap mengikuti aturan yang ketat.

Saya tidak akan banyak menulis data-data EURO 2020 karena pasti sudah banyak berita seputar EURO. Beberapa hal spesial EURO 2020 adalah selain karena bertepatan dengan ulang tahun ke 60, turnamen 4 tahunan tersebut memiliki tuan rumah lebih dari 1, kecuali EURO 2000 (Belgia dan Belanda), EURO 2008 (Austria dan Swiss), dan EURO 2012 (Polandia dan Ukraina).

Minggu ini, EURO 2020 sudah memasuki babak 8 besar. Banyak kejutan yang terjadi di babak 16 besar. Semisal terhentinya langkah Juara Dunia, Prancis. Kemudian, juara bertahan Portugal. Serta tim spesialis turnamen, Jerman. Jagoan saya masih Italia ya, hehehe.

Image
sumber: @idextratime

Kalau melihat bagan 16 besar, sebenarnya tim-tim di sebelah kiri saya menulis ini banyak tim bagus seperti Jerman, Prancis, Portugal, Italia, Belgia, Spanyol. Jerman adalah pemenang EURO 3 edisi yaitu tahun 1972, 1980 dan 1996. Lalu Spanyol adalah juara juga 3 edisi 1964, 2008 dan 2012. Kemudian Prancis double juara di tahun 1984 dan 2000. Sementara Italia dan Portugal sama-sama baru meraih 1 gelar.

Terakhir Belgia, meskipun belum pernah juara. Negara ini bisa disebut unggulan karena memiliki pemain-pemain yang bagus atau biasa disebut generasi emas. Di Piala Dunia 2018 lalu saja, tim berjuluk setan merah ini sukses meraih posisi ketiga. Apalagi, secara peringkat FIFA, Belgia saat ini juga berada di posisi puncak di atas Prancis dan Brasil.

sumber : IFTV

Namun, dengan tersingkirnya beberapa negara yang biasa punya tradisi bagus di EURO. Praktis partai yang cukup seru menurut saya di babak 8 besar EURO 2020 minggu ini adalah Belgia melawan Italia. Jika Romeo Lukaku dkk adalah generasi emas saat ini, Italia adalah tim kuda hitam yang tengah memilik rekor yang ‘gila’ di bawah pelatih Roberto Mancini. Tapi tetep saya menjagokan Italia. hehehe.

Mungkin itu opini singkat saya mengenai EURO 2020. Gak banyak secukupnya saja. Forza Italia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s