EURO 2020: 4 Besar

4 tim memastikan tempat di partai semifinal EURO 2020. Italia akan berjumpa Spanyol, sementara Inggris akan menghadapi Denmark. Di babak 8 besar sebelumnya, Azzuri menundukkan Belgia 2-1, Matador menyingkirkan Swiss lewat adu penalti 3-1 setelah bermain imbang 1-1. Sedangkan Inggris unggul 4-0 atas Ukraina, Denmark makin ‘meledak’ dengan melewati Rep. Ceko 2-1.

Image
Sumber: @sporttiaphari

Semifinal pertama antara Italia melawan Spanyol adalah ulangan pertemuan kedua tim di EURO 2016. Saat itu keduanya berjumpa di perdelapan final. Dimana skor berakhir 2-0 untuk keunggulan Italia yang dilatih Antonio Conte.

Sedangkan pada EURO 2012, keduanya juga bertemu, kali ini di final, dan Spanyol unggul dengan menang 4-0. Dari 2 pertemuan tersebut, menarik kedua tim pernah saling mengalahkan. Tapi, era saat ini tentu saja berbeda dengan saat itu. Menarik ditunggu keduanya berjumpa nanti malam.

Di EURO 2020 kali ini, Italia memiliki rekor yang sangat baik sejak dari babak grup. Dengan menyapu bersih poin di babak grup dan baru kebobolan 2 kali di fase ‘knockout’. Sementara Spanyol, sempat kesulitan di babak grup, 2 kali meraih hasil imbang dan 1 kali menang serta 2 kali pertandingan fase ‘knockout’ harus diselesaikan di luar waktu normal. Bahkan, satu pertandingan diakhiri dengan adu penalti. Moga-moga italia lolos ya, hehehe.

Berikut adalah 6 pertemuan terakhir Italia vs Spanyol:

Sumber: Whoscored.com

Beralih ke semifinal kedua antara Inggris menghadapi Denmark. ‘The Three Lions’ menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan pada EURO spesial tahun ini. Sementara Denmark, seperti julukannya tim dinamit, makin kesini makin menunjukkan diri sebagai tim yang siap terus memberikan kejutan.

Pasukan Gareth Soutgate memiliki catatan 2 kali menang 1 kali imbang di babak grup. Sedangkan anak didik Kasper Hjulmand justru sempat terseok-seok di babak grup dengan menelan 2 kali kalah hingga keajaiban hadir di laga terakhir—- meraih 3 poin penting untuk memuluskan langkah ke fase ‘knockout’.

Di fase ‘knockout’ sebelumnya, kedua tim sama-sama sedang dalam performa yang cukup baik. Inggris memulangkan Jerman dan Ukraina, sementara Denmark unggul atas Wales dan Rep. Ceko.

Menurut saya, pertandingan kedua tim akan cukup berimbang. Namun, Inggris memiliki keunggulan lain karena pertandingan akan berlangsung di Stadion Wembley, London. Sedangkan bagi Denmark, ada dua hal yang mungkin jadi pelecut semangat Simon Kjaer dkk kali ini, pertama adalah kemenangan di pertemuan terakhir dengan Inggris pada ajang UEFA Nations League. Kedua, Denmark pernah jadi juara pada edisi EURO 1992, Ayo Denmark bikin kejutan lagi !.


Pada 6 pertemuan terakhir Inggris vs Denmark:

sumber : whoscored.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s