Italia Campione D’Europa 2020

Image
@EURO2020

Yeahhh… akhirnya Italia jadi juara EURO 2020 setelah menundukkan Inggris melalui drama adu penalti 3-2 (1-1) di partai puncak yang digelar di Stadion Wembley Senin dinihari lalu. Ini adalah gelar kedua bagi Gli Azzuri setelah gelar pertama yang diraih pada tahun 1968.

Pertandingan sendiri berjalan cukup alot bagi kedua tim. Bahkan, Inggris yang yang didukung lebih banyak suporter mampu unggul cepat di menit kedua melalui tendangan Luke Shaw, memanfaatkan kosongnya sisi kanan pertahanan Italia. Skor inipun bertahan hingga turun minum.

Terlihat adu taktik dimainkan kedua pelatih sepanjang pertandingan. Jika Gareth Southgate terlihat suka dengan pakem formasinya 3-4-3 yang berubah ke 4-2-3-1, sementara Roberto Mancini lebih suka dengan formasi 4-3-3 dengan beberapa shape yang bisa berubah setiap saat.

Pasukan Roberto Mancini pun sukses membalas di babak kedua. Tepatnya di menit ke-68 melalui sepakan Leonardo Bonucci, usai memanfaatkan bola mutah di mulut gawang Jordan Pickford. Skor pun berubah 1-1 dan game on.

Sayang, setelah unggul 1-1 ini. Pertandingan praktis lebih banyak dikuasai oleh Italia. Jual beli serangan tidak terlalu banyak terlihat. Inggris yang sesekali melakukan serangan balik sempat punya peluang lewat Bukayo Saka yang ditarik Chiellini.

Image
@whoscored



Dan setelah hampir 120 menit tidak tercipta gol, adu penaltipun tidak terelakan. Dari 5 eksekutor Inggris, hanya 2 kesempatan yang bisa menjadi gol melalui Harry Kane dan Harry Maguire. Sedangkan Italia, 5 eksekutornya 3 di antaranya berhasil menjadi gol lewat Domenico Berradi, Bonucci dan Federico Bernadeschi.

Dengan demikian, total Italia sudah mengoleksi 2 gelar dari ajang turnamen EURO. Bagi Italia ini adalah final keempat di EURO sejak 1968. Pada tahun 2000 dan 2012 Italia masuk final, namun gagal setelah kalah dari Prancis dan Spanyol.

Image
@classicshirts

Agenda buat Italia kedepan adalah final four UEFA National League di bulan Oktober. Bertindak sebagai tuan rumah, Italia akan menghadapi Spanyol sedangkan satu pertandingan lain mempertemukan Belgia dan Prancis. Forza Azzuri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s