Mencari Kata Unik (Excel)

Beberapa waktu lalu saya ada tugas di kantor yaitu melakukan proses penjabaran data dalam cell ke cell. Seperti biasa saya mencari tahu juga di youtube dan saya menemukan tipsnya tinggal saya kembangin lagi.

Ok, saya akan memberikan contohnya misalnya kita punya kata unik Pasar dan Monas.

Nah, di cell tertentu ada kalimat yang mengandung 2 kata tersebut. Artinya bagaimana kita akan mengeluarkan 2 kata tersebut sebagai kata unik .

Pada contoh ini, di kolom keterangan terdapat 2 kalimat yaitu, Saya Pergi ke Pasar dan Saya Pergi ke Monas. Maka, hasil ekstraksi kata uniknya adalah di kolom ekstrak yaitu Pasar dan Monas. Caranya bagaimana.

Pada kolom ekstrak silakan masukkan rumus berikut ini INDEX($H$3:$H$5,MATCH(FALSE,ISERROR(SEARCH($H$3:$H$5,D3)),0),1), yang dipecah kedalam pertama : ISERROR(SEARCH(H3,D3))

MATCH(FALSE,ISERROR(SEARCH($H$3:$H$5,D3)),0)

INDEX($H$3:$H$5,MATCH(FALSE,ISERROR(SEARCH($H$3:$H$5,D3)),0),1)

Untuk menambahkan bagaimana detail penjelaannya saya lampirkan video dari chanel belajar excel :

Selamat mencoba ya….

Leave a comment