Mengubah Tipe Data di Power Query (Excel)-update

Selamat siang, hari ini saya mau menulis lagi mengenai belajar excel. Belajar dari case yang terjadi di kantor. Saya ada tugas mengolah data dimana kali ini harus melibatkan salah satu fitur keren dari Microsoft Excel yaitu power query.

Power query sendiri adalah tool yang digunakan untuk mengolah data excel dalam bentuk tabel. Jadi dari kolom dan baris yang kita miliki di excel biasa, nanti akan diterjemahkan ke dalam tabel di power query.

Kira-kira, apa sebenarnya kendala yang saya hadapi waktu menggunakan power query?. Sebelumnya, bagi yang belum pernah menggunakan power query, langkah pertama yang dilakukan untuk mengekspor ke dalam power query adalah blok seluruh data yang akan dikerjakan di power query. Kemudian insert-table. Setelah itu masuk ke menu data dan pilih table/range, akan muncul data seperti di bawah ini .

Baik, sampai disini sudah jelas ya?. Seperti yang sudah saya tulis pada judul di atas, bahwa kita akan mengubah tipe data. Di power query, jika tipe data itu tidak sama, maka bisa saja terjadi masalah terhadap proses tertentu.

Misalnya, akan keluar DataFormat.Error: We couldn’t convert to Number. Hal ini terjadi karena setelah proses ekspor data pertama kali ke power query muncul tipe data masih abu-abu atau biasa disebut any, belum ketahuan tipe text, number atau yang lain.

Gimana solusinya?, solusinya adalah change type data tersebut ke dalam tipe yang dikehendaki sesuai dengan isi dari tipe data. Misal kita punya data ABCDE, maka tipe data yang cocok adalah text. Kemudian, jika memiliki data 12345, maka cocok tipe data whole number misalnya.

Namun, satu hal yang perlu dilakukan adalah dari gambar tersebut, hapuslah proses changed type di bagian yang saya tandai warna kotak hitam. Tujuannya agar tidak terjadi proses konversi tipe data secara otomatis ketika diekspor ke power query.

Sedikit saya membahas kenapa muncul DataFormat.Error: We couldn’t convert to Number. Ternyata, tipe datanya masih any dan change typed otomatis terjadi. Akhirnya saya hapus proses changed type otomatisnya. Eror tersebut sendiri muncul ketika melakukan proses unpivot kolom.

–update–

Baik, ada hal yang ingin saya tambahkan pada tulisan ini, yaitu proses replace value akan terganggu jika tipe data tersebut belum jelas setelah proses ekspor ke power query. Solusinya adalah, satu cara yang dishare oleh teman saya yaitu menggunakan advanced editor menu. Ini adalah cara antisipasi jika setelah proses ekspor ke power query kita ingin langsung mengubah data tanpa mengubah proses changed type di atas.

Berikut adalah contoh scriptnya :

#”Replaced Value” = Table.ReplaceValue(#”Removed Columns”,null,0,Replacer.ReplaceValue,{“Spec”})
#”Replaced Value” = Table.ReplaceValue(#”Removed Columns”,null,””,Replacer.ReplaceValue,{“Spec”}),
#”Replaced Value2″ = Table.ReplaceValue(#”Replaced Value”,””,””,Replacer.ReplaceValue,{“Spec”})
In
#”Replaced Value2″


Dari contoh ini saya ingin sedikit menjelaskan, bahwa akan ada proses replace value null ke 0, dan proses replace null ke blank. Terakhir dari blank ke blank.


Sampai disini dulu ya, dan keep utak atik.

Leave a comment