Menampilkan Data Tanggal Terakhir (sql)

Selamat pagi, siang, sore dan malam temen-temen. Awal bulan lalu, seorang teman punya case mengenai data yang ingin ditampilkan dimana hanya tanggal terakhir dari data yang mempunyai nama sama saja yang dikeluarkan. Berikut adalah data mentahnya, sebelah kiri adalah data awal dan sebelah kanan hasil yang diharapkan.

Setelah beberapa kali ngulik-ngulik dan membuat data sendiri. Saya mencoba di tempatnya paklek saya yaitu bigquerynya Google. Berikut query yang telah saya buat :

select *
from(
select nama,max(tanggal) MAXID
from tester.dataku group by nama)ns
inner join tester.dataku on (dataku.tanggal=ns.MAXID and dataku.nama=ns.nama)

Di sini saya membuat tabel dataku di dataset tester yang ada di bigquery Google. Silakan mencoba dan mengutak-ngatiknya ya. Ini memang belum sempurna, karena dari yang saya tampilkan, saya mencoba untuk melakukan query select secara keseluruhan.

Selamat mencoba…

Leave a comment