Ambil Kata Sebelum & Sesudah Strip

Pernah dalam satu kesempatan, kita menemui case dalam excel dimana data tersebut terdapat gabungan antara angka, huruf maupun simbol tertentu. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tanda strip (-). Gimana ya caranya mengeluarkan kata dalam satu baris, atau dipecah.

Baik, kita buat sebuah contoh, misalnya Libya – Tripoli. Data Libya – Tripoli merupakan nama negara dan ibu kota. Kita akan memecah data tersebut ke dalam 2 kata yaitu Libya dan Tripoli. Fungsi yang pertama akan kita gunakan adalah LEFT dan FIND.

Untuk menampilkan hasil di kolom AMBIL SEBELUM STRIP rumus yang saya gunakan adalah =LEFT(A2,FIND(“-“,A2)-1) . Artinya, rumus tersebut akan mengambil posisi data di cell A2, dari kiri sepanjang dari tanda strip yang ditemukan dikurangi dengan 1. Kenapa harus dikurangi, karena panjang yang kita ambil adalah di posisi sebelum strip(-), silakan sambil dicoba ya.

ABCDEFGH
NegaraAMBIL SEBELUM STRIPFIND STRIPFIND SPACEAMBIL SETELAH STRIPLEN(A2)C2+1SELISIH PANJANG
Libya – TripoliAljazair 109Algiers18117

Kemudian di bagian kolom FIND STRIP, rumus disini bertujuan adalah untuk mencari posisi keberapa dari strip di data Libya – Tripoli. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa rumusnya adalah =FIND(“-“,A2). Artinya akan mendapat posisi strip dari data di A2 yaitu posisi 10.

Lalu di bagian kolom FIND SPACE, rumus disini bertujuan adalah untuk mencari posisi keberapa dari spasi di data Libya – Tripoli. Rumusnya adalah =FIND(” “,A2). Artinya akan mendapat posisi spasi dari data di A2 yaitu di posisi 9.

Ok, selanjutnya kita akan membuat rumus bagaimana mengambil data setelah strip (-). Di kolom AMBIL SETELAH STRIP rumus yang akan kita tulis adalah =MID(A2,C2+2,LEN(A2)-(C2+1)). Lebih panjang ya daripada rumus mengambil data sebelum strip (-).

Kita menggunakan rumus tersebut diawali dengan MID(Cell A2, mulai posisi ke berapa, panjang kata). Cell A2 menunjukan data diambil dari posisi A2. Lalu diawali dengan C2+2, kenapa saya tulis C2 sebenarnya sebagai pengganti alias dari FIND STRIP, biar tidak bingung FIND STRIP dan C2 itu sama. Di atas kita sudah mendapatkan angka FIND STRIP/C2 = 10, ditambah 2 menjadi 12.

Setelah itu kita akan menjelaskan rumus LEN(A2)-(C2+1). LEN(A2) artinya akan mengetahui panjang kata dalam cell A2. (C2+1) artinya FIND STRIP/C2 ditambah 1 yang artinya nilainya menjadi 10+1=11. Hasil akhirnya adalah panjang kata dalam cell A2 dikurangi panjang FIND STRIP + 1 dan didapatkan panjang kata setelah tanda strip.

Terakhir, untuk kolom F, G, H sebagai tambahan penjelasan dari rumus-rumus yang sudah ada. Demikian dari saya, terima kasih ya.

Referensi :
Youtube mas Apri Excel
https://robbyablaze.blogspot.com/2013/11/memecah-string-di-excel.html

Leave a comment