Coretan Piala Dunia 2010

Banyak hal menarik yang bisa ditulis sepanjang perhelatan Piala Dunia 2010, saya akan coba merangkumnya meskipun tidak semuanya, karena saya juga tidak hafalšŸ™‚.

Sampai hari ini, tinggal empat tim yang akan berebut tiket semifinal setelah tadi malam Belanda menjungkalkan juara lima kali Brasil serta satu-satunya wakil Afrika yang masih tersisa, Ghana, perjuangan Gyan cs harus berakhir ditangan Uruguay.

Road To Semifinal WC 2010

Menilik Piala Dunia Afrika Selatan, memang berbeda dengan empat tahun silam saat digelar di Jerman. Satu yang pasti akan dikenang terus adalah ‘aunganVuvuzela yang selalu menjadi ‘teman akrab‘ di setiap pertandingan digelar.

Selain bola Jabulani yang dianggap banyak pihak jadi kontroversi, Vuvuzela pun demikian. Beberapa pemain menganggap Vuvuzela biang bising dan mengganggu komunikasi pemain di lapangan, sementara Jabulani banyak makan korban terutama kiper.

Banyak Kejutan

Piala Dunia tahun ini termasuk perhelatan paling susah untuk menebak tim yang bakal menang. Setelah di babak grup pertama minim gol (25 gol dari 16 laga pertama), tim-tim peserta bermain sangat hati-hati. Mungkinkah ini karena sedang munculnya tren sepakbola pragmatis ?, atau efek JabulanišŸ˜€.

Tim-tim besar di luar dugaan harus kesulitan melawan tim yang dianggap peringkatnya kalah kelas. Ambil contoh Spanyol, sebagai juara Eropa 2008 justru harus tumbang dari Swiss.

Finalis “Pulang Kampung

Kejutan lain di Piala Dunia kali ini adalah tersingkirnya dua finalis empat tahun silam, Italia dan Prancis. ‘Azzuri’ secara tragis harus pulang setelah tampil buruk dan finis di urutan keempat grup, setali tiga uang, ‘ayam jantan’ yang ‘pulang kandang’ banyak sekali ‘PR’ di ‘ruang ganti’.

Tuan Rumah Gugur

Untuk pertama kali sejak Piala Dunia 1930, Piala Dunia tahun ini memunculkan tuan rumah gagal melangkah ke fase berikutnya. Rekor bagus tentu saja ditorehkan tuan rumah bersama, Jepang dan Korea Selatan pada Piala Dunia 2002, keduanya sama-sama mampu lolos ke fase berikutnya, bahkan ‘Taeguk Warrior’ sukses meraih posisi keempat.

Kontroversi

Selain muncul banyak kejutan, Piala Dunia tahun ini juga banyak memunculkan kontroversi yang ujung-ujungnya banyak sekali wasit dipulangkan lebih awal.

Laga paling disorot tentu ketika gol Frank Lampard dianulir oleh wasit Jorge Larrionda. Kalau melihat tayangan ulang, jelas sekali kalau bola tersebut sudah masuk. Coba lihat gambar di bawah, jelas sekali “tidak gol” khan whahahahhaha :)( just kidding )

Gol Lampard - DianuliršŸ™‚

Selain partai Jerman – Inggris, kontroversi paling ramai dibicarakan adalah laga Argentina kontra Meksiko. Wasit asal Italia, Roberto Rosetti menjadi aktor saat mengesahkan gol offside Carlos Tevez.

Menariknya teknologi sampi saat ini bakal jadi bahasan paling menarik untuk dibicarakan untuk menutupi segala bentuk kontroversi yang terjadi di sepakbola.

Apakah anda setujuĀ  kalau teknologi digunakan di sepakbola, bukankah keindahan sepakbola akan berkurang bila di dalam bola terdapat chip, atau sebelum memutuskan, seorang pengadil harus melihat tayangan ulang kejadian-kejadian penting.

Selain sisi keindahan hilang, sisi manusiawi pun juga hilang. Kontroversi adalah salah satu sisi menariknya sepakbola. Kalau saya kurang setuju jika teknologi digunakan dalam sepakbola, bagaimana dengan anda ? !!#!)#(!)$(!)$(!).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s