Go Green

 

 

 

Slogan Go Green sedang marak digalakkan, tak terkecuali di lingkup kerja saya. Dalam beberapa bulan terakhir ini, konsep go green diusung ke dalam lingkungan kerja dengan merujuk buanglah sampah pada tempatnya, artinya tidak hanya membuang sampah pada tempat tapi juga membuang sampai sesuai jenis sampah itu sendiri : ) halah, macak serius iki😀

Selain memulai hal kecil dari membuang sampah, kegiatan lain yang tentu saja tak luput dari perhatian dari pihak manajemen kantor adalah masalah penggunaan listrik, kertas serta pemasangan berbagai pesan-pesan khusus kepada seluruh karyawan yang ditempelkan di tempat-tempat tertentu.

Kertas adalah salah satu hal yang cukup sensitif, mengingat penggunaannya sangat penting untuk menghemat sumber daya alam juga. Karena sebagian bahan dasar kertas adalah dari kayu, erat hubungannya dengan hutan tentu saja. Slogan yang harus diingat untuk kertas adalah, cetaklah yang penting, bukan yang penting mencetak.

 

Btel Go Green

Btel Go Green

 

 

Lalu, penggunaan listrik juga hal yang sangat penting untuk menyelamatkan bumi. Dengan menghemat listrik, maka kita juga menghemat energi yang diambil dari bumi plus menghemat biaya tentunya. Untuk itu, di kantor diberlakukan sistem hibernate, jadi untuk komputer yang sudah tidak ada aktivitas dan di atas jam pulang kantor akan otomatis terhibernasi, kecuali komputer yang digunakan untuk kegiatan operasional.

Kemudian, hal lain yang tak kalah penting mengenai penghematan energi adalah air. Air adalah salah satu sumber daya alam yang harus dihemat juga. Karena hanya 3% air tawar yang ada di planet bumi, sementara sisanya adalah air asin.

Bayangkan, bila angka 3% itu hilang, mau minum apa kita kalau tidak ada upaya untuk berhemat. Untuk masalah air, di kantor seluruh karyawan dihimbau untuk melakukan penghematan. Melalui informasi-informasi yang disebar terutama di tempat-tempat penggunaan air seperti toilet, air wudhu.

Terakhir, besar harapan, dengan niatan besar dan kegiatan ini, turut mampu menghemat energi penting yang ada di bumi kita. Serta tentu saja, semoga bukan slogan saja, tapi yang terpenting adalah aksi dari kita semua, ayo semangat-semangat selamatkan bumi.

reduce, reuse,recycle

5 responses to “Go Green

  1. sama, disekolah juga seperti itu
    mulai pembuatan sumur resapan
    perindangan lokasi sekolah dengan istilah “green an clean”
    dan tulisan-tulisan dengan tema penghematan
    semoga bukan hanya wacana dan tulisan, tp lebih bs istiqomah

  2. jadi sedih deh, dmana-mana di pasang tulisan go green tp masyarakatnya tetep aja ga ngelaksanain, mudah”an generasi penerus kita lebih mampu mengharagai alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s