Replace String di Excel

Utak atik excel yuk, mumpung dapat ilmu baru. Saya akan coba share bagaimana caranya melakukan replace string ke arah bawah atau yang biasa disebut ke arah vertikal. Tapi kalau yang sudah mencoba maaf ya, anda keren hehehe🙂

Langkah Pertama

Langkah Pertama

Perhatikan langkah pertama, tentukan cell mana yang akan disama ratakan dengan cell di atasnya. Di luar cara ini, biasanya replace dilakukan dengan cara double click, tapi hal tersebut akan membuat semua data yang berada di bawahnya tertimpa (replace) semua.

Maka dari itu, cara yang saya sebutkan ini agar jika setiap cell bertemu dengan kata yang berbeda (warna hijau), maka akan mengikuti kata di atasnya. Lanjut ya….

Langkah Kedua

Langkah Kedua

Maju ke langkah kedua, setelah data yang ingin disamaratakan diblok dari atas ke bawah, kemudian tekan ctrl+G. Lalu tekan alt+s dan akan keluar tampilan seperti langkah ketiga di bawah ini.

Langkah Ketiga

Langkah Ketiga

Setelah muncul langkah ketiga, tekanlah K dan enter. K di sini secara otomatis akan memilih menu blank.

Langkah Keempat

Langkah Keempat

Dari langkah ketiga, kita lanjut ke langkah keempat. Usai menekan enter, arahkan pointer ke cell no 2 yaitu bagian jabatan yang kosong, kemudian  tekan tanda =, lalu arahkan kursor ke atas dan tekan shift+end ke bawah, akhiri dengan enter.

Langkah Kelima

Langkah Kelima

Inilah hasilnya… seperti tampak di langkah kelima. Selesai:) Cepat khan, solusi buat yang bermasalah dengan data berbeda-beda di tiap cell ke arah bawah.

=keep utak atik=

3 responses to “Replace String di Excel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s