Berdagang memang Mengasyikkan :)

KAOSAIA

KAOSAIA

Pasti semua sudah sering mendengar unen-unen eh dalam bahasa Indonesia pepatah atau apalah, 9 dari 10 pintu rezeki itu adalah bidang perniagaan, ayo di google coba. Dan bagi saya, berdagang yang notabene bagian dari perniagaan itu sendiri sangat mengasyikkan …lo.

Mengapa mengasyikkan,ada yang bisa jawab,…. coba saja deh ketika barang dagangan kita laku, suenengnya minta ampun, alhamdulillah, apalagi jika itu adalah pengalaman pertama kita berjualan sesuatu barang. Saya akan coba sharing pengalaman saya di sini yooo.

Mungkin saya sudah agak lupa atau malah lupa kapan pertama kali saya mencoba menjual sesuatu. Namun,  pengalaman paling berkesan tentu saja ya saat even piala eropa 2012 tahun ini. Menyempatkan diri berdagang saat harus membagi waktu dengan bekerja di kantor bukanlah hal yang mudah hehehe, kalau ketauan asal bos gak marah🙂. Tapi, itu suatu tantangan, percaya deh..eh gak boleh ding percaya sama saya, tapi sama yang Di Atas.

Salah satu pengalaman menarik ketika menggeluti bidang jersey sepakbola adalah saat kita tidak punya barang dagangan padahal banyak teman-teman atau customer yang mencari jersey. Kejadiannya tentu saja berawal karena saya bersama teman tidak nye-tock atau istilahnya itu memiliki stok barang yang berlebih.

Ketika itu kita lebih banyak menjual barang berdasarkan pesanan saja atau yang biasa disebut Pre Order (PO). Kelemahan yang ada di sistem PO ini adalah kita memberikan keleluasaan kepada pelanggan, bayar jika ada barang, boleh pesan bebas, tanpa DP. Nah, disinilah yang membuat kita tidak punya modal lebih untuk melakukan proses stok barang.

Akibatnya, selama even berlangsung, dimana banyak pelanggan mencari barang, kita tidak punya banyak barang. Saying banget khanJ. Namun, untuk masalah ini saya punya cara untuk antisipasi, saya coba carikan supplier lain, meskipun itu beresiko sekali, karena biasanya kita sudah punya supplier langganan.

Alhamdulillah, selama even piala eropa, pelanggan hampir semua mendapatkan barang, meskipun ada yang tidak mendapatkan pesananannya, mohon dimaafkan ya, semoga tetap ke kita kalau nanti nyari kaos bola.

Membangun Brand

Bagi teman-teman yang sudah lama terjun di bidang wirausaha, dan sudah tingkat experd pasti saya akan sangat senang bila diajak share mengenai brand ngebrand. Saya yang baru tahap belajar ini, sebenarnya pengen sekali punya produk sendiri, istilahnya jual barang dan barang itu dihasilkan oleh saya pribadi bersama tim, bukan yang nyetok dari tempat tertentu (reseller).

Tapi gapapalah, saat ini bagi saya belajar dulu yang banyak, dan tentu saja belajar ngebrand meskipun reseller. Gambar di atas adalah salah satu cara saya dan teman saya agar pembeli cukup loyal beli barang di tempat kami. Meskipun paper bag nya telat jadinya, tapi ga papalah, hitung-hitung ini adalah tahap awal kami belajar.

Saya dan teman berharap, usai even piala eropa 2012, paper bag ini dimaksimalkan untuk mengemas barang dagangan. Semoga berjalan lancar amin…..

Membangun Network

Rezeki itu datang dari Yang Maha Kuasa, antara manusia satu dengan yang lain itu hanyalah perantara, saya percaya itu. Dalam dunia perniagaan, hal ini berlaku juga. Untuk memperluas target penjualan barang, kita harus memperluas jaringan, mungkin bisa disebut juga makelar rezeki.

Pengalaman saya, teman saya yang kita sebut saja di PT A, adalah reseller saya. Alhamdulillah, melalui beliau juga, pelanggan bertambah. Jadi fokus pelanggan tidak hanya dari saya, tapi dari teman saya di PT A tadi.

Saat ini, saya memang belum terlalu jauh untuk memperluas target seperti melalui media online. Sambil belajar, semoga hal itu terwujud juga amin. Tetap semangat ya rek….:)

 

*Cukup sekian cerita dari saya ya, jangan lupa sedekah kawan-kawan*
*Pengen banget punya perusahaan sendiri*

3 responses to “Berdagang memang Mengasyikkan :)

Leave a Reply

