Belajar ‘Wirausaha’

Contoh Jersey

Wah, judulnya terlalu tinggi iki, sebenarnya judulnya enaknya itu belajar berbinis saja kali ya🙂. Iya begini kita mulai cerita saja ok. Akhir-akhir ini saya kok mulai ‘keranjingan bisnis’ ya alias dalam bahasa kerennya itu berdagang. Perlu dicatet berdagang adalah salah satu dari sekian pintu rezeki lo🙂. CMIIW. hehehe…

Setelah bersama teman-teman kantor ‘mengoprek’ di http://www.klikhemat.com, di mana isinya adalah barang dagangan mulai dari baju anak, kaos bola dan sandal, sekarang saya bersama teman alumni STM Telkom mencoba meraih ‘bintang’ (hayah :p) di tempat lain yaitu berdagang kostum/jersey tim sepakbola😀.

Target saya gak jauh berbeda dengan klikhemat.com, yang berbeda adalah klikhemat.com belum terlalu banyak publikasi, sementara untuk dagang kostum ini, saya sudah lebih banyak publikasi di facebook dan pasar bebas di kantor–> untuk lokasi yang terakhir saya sebut, merupakan pasar tersibuk di kantor saya setiap hari.

Alhamdulillah, semua berjalan lancar, meskipun untuk klikhemat.com kurang publikasi dan update, namun untuk penjualan kaos bola atau jersey sudah banyak yang order dalam beberapa hari ini. Sistem yang kami gunakan untuk penjualan jersey bola adalah kebanyakan preorder dan sistem ready stock untuk ukuran tertentu (ukuran M paling banyak untuk ready stock).

Mengapa pre-order paling banyak ? karena eh karena barang yang didatangkan adalah dari Thailand dan tentu saja untuk menghindari barang sia-sia. Serta pasar jersey bola di Indonesia rata-rata memang dari negara Gajah Putih itu yang bagus. Kami bersyukur di Thailand ada teman yang sedang bekerja di sana, sehingga kami mudah dalam melayani pesanan untuk pre-order ini.

Perlu digaris bawahi, secara umum, pasar penjualan jersey/kaos bola menurut saya memang sudah terlalu ramai. Namun, bagi saya, target pasar pasti masih ada. Itu terbukti dengan masih menariknya minat teman-teman saya baik yang mendapatkan info dari facebook maupun pasar bebas di kantor.

Apalagi, bagi yang sudah tahu  mengenai sepakbola, bulan-bulan seperti ini adalah menjelang akhir kompetisi sepakbola Eropa, ditambah lagi tahun ini ada kompetisi akbar antar negara eropa yaitu EURO 2012 yang diselenggarakan di dua negara yaitu Ukraina dan Polandia.Ini menambah keyakinan saya bahwasannya pasar masih ada dan akan ramai menjelang EURO.

Terlepas dari hal di atas, saya akan menuliskan di bawah ini hal-hal lain yang pernah saya alami selama mencoba bisnis :

Gagal Karena biaya
Waktu itu saya bersama teman di kantor lama berniat berjualan kaos yang identik dengan Piala Dunia 2010, kali ini bukan kostum bola/jersey. Desain sudah ok, dan saya sudah publish waktu itu di pasar bebas kantor. Dan saya cukup kaget ketika respon dari rekan-rekan di kantor banyak yang pesan.

Tapi sayang, saya harus ‘kecewa’ waktu itu karena semua pesanan yang sudah saya rekap gagal untuk dibuat dan saya harus meminta maaf kepada seluruh pemesan, karena barang ‘cancel’. Eh ternyata buntut awalnya adalah di bagian teman saya yang menjadi masalah adalah modal produksi. Nah, ini memang penting, saya sendiri juga tidak bisa berbuat banyak. Dan akhirnya bisnis saya ini termasuk dalam kategori gagal. Saya ambil saja pelajaran penting untuk yang satu ini, lain kali memang harus direncanakan dengan matang terutama soal biaya/dana.

Fokus itu Penting

Fokus, ini adalah kata-kata penting yang harus selalu kita pakai jika ingin bisnis berjalan lancar. Saya bersama teman-teman di kantor saat ini bisa dinilai kehilangan fokus untuk melakukan maintenance terhadap klikhemat.com, tempat kami menaruh barang dagangan. Update yang juga kurang mengakibatkan kami kurang ‘aware’ terhadap barang dagangan serta publikasi yang seadanya sehingga hasilnya kurang maksimal.

Mungkin dua poin ini dulu yang bisa saya bagi kepada teman-teman. Selamat berbisnis dan berwirausaha, semoga sukses. amin.

Minat khan, makanya ayo Begadang eh Berdagang :p !!!

Silakan mampir ke sini ya untuk lihat-lihat jersey lengkap DISINI

20 responses to “Belajar ‘Wirausaha’

  1. @pinkina: buat tokojembar juga semoga sukses, kayake akeh orderan iki yo🙂. *alhamdulillah memang luar biasa ini, gak nyangka yo sing pesen akeh.

  2. kalau dihadapkan terhadap masalah belajar, asal mempunyai tekad yang tinggi serta didorong juga sama do’a apalagi basic menjanjikan, maka Insya Allah semuanya akan baik-baik saja. Dan mungkin keberhasilan akan tercapai.
    Mudah-mudahan …🙂
    salam …

  3. Cuma kontrol blog2 teman lawas. Syukurlah di sini masih ada nafasnya. Soalnya bny blog2 yg ilang dah…. hehe… salam hangat masbor:mrgreen:

  4. waduhl. asli pemula, kadang2 klau gak ditulis itu lupa. makanya pas ketemu judul dan idenya jualan ya saya tulis:)

Leave a Reply

