Tag di Xampp

Wah, sudah lama gak nulis, hehehe-> halah:p. Buat pemanasan, saya mau sharing pelajaran mengenai PHP (web). Kali ini yang saya bahas adalah mengenai salah satu webserver yang biasa dipakai oleh programmer php yaitu xampp.

Xampp Windows - Google

Xampp Windows - Google

Di kantor, saya baru saja melakukan instalasi xampp dengan me-replace webserver yang lama yaitu Appserv. Alasan saya mencoba xampp adalah pertama saya belum tahu caranya terhubung ke oracle dengan webserver lama (Appserv), kedua teman menganjurkan mencoba menggunakan webserver xampp.

Ok, saya sudah sukses melakukan instalasi xampp, meskipun sempat gagal. Hanya saja, setelah sukses melakukan koneksi ke database Oracle dan mencoba menampilkan data dari Oracle, aplikasi lain saya yang menggunakan database mysql dan session, justru bermasalah alias tidak bisa digunakan.

Yak, ternyata eh teryata setelah ditelusuri masalahnya ada di tag. Di aplikasi saya yang berbasis database mysql, banyak menggunakan tag <? ?>, dan ini tidak bisa dibaca oleh xampp, karena standar tag yang dipakai adalah <?php ?>.

Untuk mengatasi masalah ini, yang pertama ubah semua tag anda menjadi <?php ?>, atau yang lebih mudah, buka konfigurasi di file php.ini dan carilah bagian short_open_tags dari off ke on, kemudian restart xampp apache servicenya.

Ok, sukses, kesimpulan lain, tentu saja, xampp standar bacanya adalah hanya tag <?php ?>, karena menurut mereka, lebih secure. Beda dengan di appserv yang bisa langsung menggunakan tag <? ?>. Kelebihannya sekarang saya bisa terhubung ke Oracle dengan xampp🙂.

Ok, selamat mencoba ya.

#selamatutakatik#

Salam

referensi :

google
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=430714899&posted=1#post430714899

Leave a Reply

