Mengirim Email Dengan Phpmailer

manual_topup

manual_topup

Ceritanya sejak dua hari yang lalu saya dapat tugas membuat aplikasi php berupa topup dan migrasi (prepaid-postpaid) pulsa. Melihat teknisnya sih mudah, tapi kok ternyata lama-lama request pembuatannya bertambah-bertambah lagi, hmmm, yang terakhir aplikasinya harus bisa send email juga ke email kantor, wah ribet jadinya …!!!

Bener banget, ribet sih iya, tapi bersyukur akhirnya ketemu juga kunci jawabannya. Setelah minta bantuan mbah Google, dengan menggunakan kata kunci phpmailler, send mail with php, send mail with php localhost gak ketemu juga, ternyata sebenarnya permasalahannya adalah setting smtp.

Berhubung setting smtpnya adalah menggunakan localhost, jadinya send mail gak jalan-jalan. After mbah Google belum ngatasi juga, teman saya ngasih tahu juga nyoba pake phpmailler, sekalian contohnya dink, jadi enak. Utak-atik, akhirnya jalan juga, sip deh. thx alot.

———————————————————
sedikit cuplikan scriptnya :
<?php
require(“class.phpmailer.php”);
include “open_conn.php”;
if($topup==”Register”) {

$mail = new PHPMailer();

$mail->IsSMTP();                                      // set mailer to use SMTP
$mail->Host = “mailhost.xx.xx.xx”;  // specify main and backup server
$mail->SMTPAuth = true;     // turn on SMTP authentication
$mail->Username = “xx”;  // SMTP username
$mail->Password = “xxxxx”; // SMTP password

$mail->From = “xx.xxxx@xxx.com”;
$mail->FromName = “test Admin”;
$mail->AddAddress(“xx.xxx@xxx.com”);                  // name is optional

$mail->AddReplyTo(“xx.xxx@xxx.com”, “Information”);
———————————————————

Buat referensi:
http://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=26031&package_id=17494
http://www.bengkelprogram.com/data-artikel-225.0.bps
http://www.o-om.com/2008/01/bagaimana-setting-popimap-dan-smtp.html?showComment=1213669080000
http://phpmailer.codeworxtech.com/

13 responses to “Mengirim Email Dengan Phpmailer

  1. Pingback: Ikatan Alumni SMK Telekomunikasi Malang » Blog Archive » Mengirim Email Dengan Phpmailer·

  2. tampilane asyik mas ? gawe ExtJs ya ?
    emang yen ngawe mail function bawaane php kurang sip ya mas ?

    MyComment

    Aq hanya desain pake css+php aja. untuk ExtJs gak nyentuh sama sekali, hehehe:). Malah sekarang lagi nyari info tentang teknologi CI, pernah tahukah?.
    Kalau mail function sepertinya lo ya, sepertinya iki, gak jalan. Kebetulan aq menggunakan OS Windows di kantor, dan SMTP-nya itu connect ke alamat exchange server. Udah dicoba tapi gak berhasil :)). Atas saran teman, tak cobalah phpmailer.

  3. iya pernah dengar mas … dan begitu dicuba’ asyik mas … CI dokumentasine lengkap dan tersusun rapi.
    lha ga’ bisa ya meski di php-nya udah diset smtp-nya ke exchange server-e, tak kirain bisa … ga’ pernah coba’ juga sich, dihosting wae wes mas … penak ra usah nyeting sing aneh2😀

    MyComment

    Hmmm, bisa kok pake smtpnya settingan exchange, aq sudah coba dan berhasil. beli hosting ya?. lagi mikir ² juga mau beli.

  4. dear mas agustriku,

    mas….akuw udah nyoba2 tapi kok masih keliatan warningnya yah???
    mohon pencerahannya dong
    katanya:
    Warning: require_once(class.phpmailer.php) [function.require-once]: failed to open stream: No such file or directory in C:\wamp\www\Project1\email.php on line 2

    Fatal error: require_once() [function.require]: Failed opening required ‘class.phpmailer.php’ (include_path=’.;C:\php5\pear’) in C:\wamp\www\Project1\email.php on line 2

    coba diperiksa include-nya, penempatan file direktori. sepertinya file class.phpmailer.php gak kebaca atau tidak ada. Terimakasih

  5. mas….. udah diperiksa…..
    ternyata bener……..
    tq banget yah kodingannya manjur…..
    pas di jalanin bisa pake server lokal…..

    tapi ada kendalanya mas,,,,
    kalo ke gmail kok ga bisa yah????
    padahal udah pake ssl…..
    gmna yah???

    mohon bantuannya mas…..

    coba dicheck setingan mailhostnya. ganti ke gmail.
    ini gmail yang keluar ataukah gmail sebagai output. kalau ditujukan ke gmail, mungkin masuk ke folder spam.

  6. udah…. jadi
    smtp.gmail.com

    gmail-nya sebagai pengirim….

    kenapa gak buka gmail.com aja , heheh.becanda. wah, gmana ya.mending diseting pop-nya di outlook.

  7. ooo kalo kaya gt berarti ga pake kodingan php dong

    harusnya sih gitu…:) tp kalau mau dibuat seperti itu mending gmailnya diakses dari outlook aja🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s